Selasa, 15 September 2009

Ceramah Ramadhan Mesjid Al-Hakim

Rabu, 9 September 2009
Shalat Tarawih 4-4-3 rakaat (pada Shalat Witir rakaat terakhir ada Doa Qunut)
Untuk buka puasa, pengurus Mesjid Al-Hakim yang terletak di daerah Menteng (berseberangan dengan Keris Gallery, psssttt lagi sale tuh hihihihi) menyediakan tajil, dimana bagian perempuan ada di dalam mesjid sedangkan bagian laki-laki ada di halaman mesjid.

Ceramah malam itu by Ustadz Wijayanto (yang sering mengisi ceramah di TV, dosen UGM dan lucuuuuuuuu banget, ketawa terus deh).
Ttg. Menjemput Kemuliaan Lailatul Qadar

Agama adalah amal pilihan. Meskipun kita bukan orang kaya, namun Allah menggerakkan hati kita untuk beramal agama.

Ada 13 hal yang menjadikan Yusuf sebagai Nabi, antara lain:
  • Yusuf adalah orang yang masih muda, laki-laki dan tidak mau diperkosa
  • Nabi Yusuf belum menikah
  • Zulaikha cantik dan masih muda.
Agama tidak dipilih berdasarkan kecantikan, ketampanan, kepandaian. Sasaran agama adalah hati. Lailatul Qadar akan turun apabila:
  • Takarub kepada Allah
  • Ada kemanfaatan bagi orang lain (hablum minannas)
Lailatul Qadar tergantung kedekatan kepada Allah dan imannya. Puasa ini hanya untuk Allah, sedangkan ibadah yang lain untuk manusia. Ibadah seperti shalat atau haji dapat dipamerkan (show off), bisa difoto, diperagakan, di-shooting. Namun tidak begitu halnya dengan puasa.

Larangan tabaruj (maaf ya, ga tahu spell-nya) terutama untuk wanita karena wanita suka dilihat, memamerkan barang (bener juga sih hehe). Makanya kalau shalat, wanita ada di belakang dan laki-laki ada di depan karena laki-laki suka melihat dan wanita suka dilihat (ngaku dehhhhhh...).

Ibadah yang Allah berfirman adalah "maka perbaiki puasa-puasa kita".
Puasakan semua organ dan hati kita. Puasa menuju ketakwaan. Banyak orang berpuasa namun tidak mendapatkan apa-apa kecuali lapar dan haus.

Apakah Lailatul Qadar sudah datang pada kita? Hal ini sangat tergantung pada ibadah kita. Lailatul Qadar dikaitkan dengan i'tikaf du mesjid Jami' (yaitu mesjid yang dipakai untuk Shalat Jum'at sesuai dengan kesepakatan para ulama). Kalau suasana rumah selalu diwarnai dengan salam, maka Lailatul Qadar akan turun. Dalam meraih malam Lailatul Qadar, lupakanlah dunia/bumi sementara dan perbaikilah kekhusuan ibadah.

Sabar --> Syukur --> Fikir (belajar ilmu keagamaan) --> Zikir
  • Memperbaiki hubungan dengan Allah dan sesama.

Untuk Zakat Fitrah, bayarkan bagi seluruh keluarga, meskipun sudah dibayar oleh yang bersangkutan. Misalnya, ayah membayar zakat untuk anak dan anak bisa bayar zakat untuk dirinya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar