Minggu, 19 Juli 2009

Senam Hamil

Sabtu tanggal 18 Juli 2009 kemarin, aku mengantarkan kakakku untuk senam hamil di RSIA Melania, Bogor. Bayarnya Rp 15.000 saja, untuk waktu kurang lebih satu jam. Menurutku, termasuk harga yang murah dan sangat terjangkau. Kakakku agak sedikit terlambat, jadi pas masuk pelajaran senam hamil sudah berlangsung.

Aku juga ikutan masuk ke ruangan, yang isinya full ibu-ibu hamil dengan perut membuncit (hihihiihi) karena bapak-bapak dilarang masuk. Sekalian ingin tahu, senam hamil itu seperti apa sih gerakannya. Kalau misalnya kakakku lupa, aku kan bisa membantu mengingatkan gerakan senam itu.
Gerakan dasarnya adalah gerakan nafas. Tarik nafas, lalu hembuskan. Nafas ini harus selalu diingat terutama pada saat persalinan sudah dimulai. Lalu ada gerakan sambil posisi tidur menghadap ke sebelah kiri. Ada juga gerakan sambil duduk dan berdiri sambil menghadap ke tembok. Untuk bayi yang diperkirakan akan lahir sungsang, ada gerakan khusus agar si bayi kembali ke posisi normal, yaitu gerakan dengan posisi seperti kita sedang menungging.
Nah, pada saat ibu hamil akan segera melahirkan, sebaiknya keluarga yang menjaga, ikut membantu mengurut punggung ibu hamil agar tidak terlalu pegal. Kasihan kan, tulang punggungnya jadi bengkok karena beban berat yang ada di perutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar