Rabu, 08 Juli 2009

Dokter Kandungan My Sister

Senin tgl 6 Juli 2009 pk 15.00 mengantar kakakku ke dktr kandungan Dr. Ekarini di RS St Carolus. Sebenarnya kk sdh punya dktr lain yg jg menangani kelahiran Sena, putra pertamanya. Begitu pula hingga kehamilan kedua yg berusia kurang lebih 33 minggu ini. Namun mengingat kelahiran pertamanya caesar (karena air ketuban keburu pecah padahal usia kehamilan masih sekitar 8 bulan) dan berharap bisa normal utk anak keduanya, maka kk search melalui internet utk mencari dktr kandungan yg betul2 pro normal serta RS yg bisa IMD/Inisiasi Menyusu Dini (termasuk apabila terpaksa harus caesar kembali) dan ASI eksklusif. Tulisan ini tdk bermaksud memojokkan atau mendiskreditkan dktr kk sebelumnya krn menurutku sbg pasien kita berhak mencari yg terbaik dlm hal dktr maupun RSnya. Tulisan ini hany sbg input dan sharing bg semua org yg kebetulan membaca blogku ini.

Menurutku, dktr Ekarini cukup seru, tegas, informatif, pengetahuan luas dan memang sangat mendukung kelahiran normal. Namun perlu diingat bhw dktr berusaha utk mendukung persalinan normal dan bukan menjanjikan setiap orang untuk bisa melahirkan normal karena kondisi tiap org beda2, bahkan utk kakak beradik sekalipun.

Karena kk konsul setelah perutnya besar, Dr. Ekarini membutuhkan data yg akurat termasuk hasil lab terdahulu dan hsl USG pd saat kandungan berusia 8 - 12 minggu, krn dgn data tsb akan diketahui usia kandungan saat ini, mengetahui kondisi terkini dgn cukup akurat dan memperkirakan kapan kelahiranny.

Niy dktr mengaku kalau dirinya cerewet tp hal ini krn rasa tanggungjwb beliau thdp keselamatan pasienny. Dktr akan dgn senang hati berdiskusi dgn pasien kl menurutnya si pasien bs menerima input dr beliau. Terkadang ada pasien yg tdk bs menerima fakta dr dktr ttg kondisi kandungannya. Nah bu dktr jg paling sebal kl blm apa2 si pasien sdh minta ini itu. Jd sebenernya yg dktr tuh yg mana? Berasa jd tukang ojek, kata nih dktr, krn penumpang nyuruh anter ke tmpt tujuan semaunya. Hahaha lucu bgt nih bu dktr. Mnrtku sih asyik2 aja dktr Ekarini ini, so blh dijadikan sbg referensi bt ibu2 yg sdg cr dktr kandungan.
Tentang RS Carolus, kita pilih karena menurut beberapa referensi merupakan RS yang sangat mendukung ASI eksklusif, jadi sang ibu bener2 didorong dan disupport untuk bisa menyusui bayinya, serta berusaha untuk tidak memberikan susu formula. Semoga informasi ini benar. Kemarin juga sempat tanya masalah kamar bersalin di RS Carolus, ada 1 kamar VIP yang paling luas (1 orang) dan 3 kamar VIP yang lebih kecil (hanya untuk 1 pasien per kamar), dimana untuk tipe kamar ini tamu boleh berkunjung kapan saja dan boleh ditungguin oleh pihak keluarga pasien. Untuk kamar kelas 1 (2 orang per kamar), tidak boleh ditunggui oleh keluarga pasien, kecuali untuk hari pertama setelah melahirkan pada saat infus masih harus terpasang. Bagusnya kamar bayi sangat dekat dengan kamar ibunya.

4 komentar:

  1. Terimakasih atas infonya. sangat membantu saya u/ cari dokter kandungan karena sekarang ini saya sedang mencari dokter yang baik u/ program memiliki baby. Gbu

    BalasHapus
  2. mbak kakaknya lahiran normal atau sesar? cuz aku berniat lahiran normal nih untuk anak kedua

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Saya sangat tidak rekomendasi RS Carolus atau Dr Ekarini. Biayanya mahal, tempatnya jelek, dan yang kerja disana galak, kurang professional dan tak peduli pasien. Saya melahirkan di 2014, tapi saya sampai sekarang masih trauma dan tak mau punya anak lagi.

    Waktu hamil pre-natal sama Dr Ekarini. Cukup baik, tapi harus tunggu lama2. Tunggu 7 atau 8 jam untuk ketemu doktor 5 minut aja.

    Tapi waktu melahirkan, disaster total. Saya di induksi. Pernah tunggu doktor 7 jam tadi dan waktu induksi sudah malam. Ruangnya gelap dan seram. Doktor sudah pulang dan tidak ada yang bantu saya. Saya 14 jam sakit minta ampun dan muntah2 terus. Bidan tidak peduli apa2. Mereka tertawa aja. Sampai pagi bidan siksa aku, bicara yang galak dan ada bidan pukul saya.

    Doktor Ekarini pernah janji saya di kasih anti-sakit waktu melahirkan, tapi tidak jadi di kasih.

    Siang saya di suruh caesar, tapi sesudah saya tanda tangan untuk casar masih tunggu lama2 dan masih sakit bangat. Bidan cuek aja dan saya di tinggalin di korridor.

    Sesudah caesar saya sakit lagi. Saya minta perawat kasih obat anti-sakit, tapi tidak ada yang bantu.

    Apa lagi, bayiku harus di rawat di Goretty karna sakit. Dia kurang oxygen karna telat caesar. Biayanya mahal dan perawat disana galak sama ibu dan bayi.




    BalasHapus